Panic buying pada pandemi COVID-19: Telaah literatur dari perspektif psikologi

Main Article Content

Muhammad Abdan Shadiqi
Rima Hariati
Khaerullah Fadhli Arasy Hasan
Noor I’anah
Wita Al Istiqomah

Abstract

Pandemik COVID-19 memiliki berdampak pada kesehatan, sosial, ekonomi, hingga psikologis. Salah satu dampak dari COVID-19 adalah panic buying. Artikel ini bertujuan mengulas panic buying melalui perspektif psikologi. Kami melakukan telaah literatur panic buying pada riset-riset terkini baik pada kasus pandemik COVID-19 hingga pandemik serupa yang terjadi pada puluhan tahun silam. Pada bagian awal, artikel ini membandingkan definisi panic buying dengan istilah serupa, seperti buying frenzies, impulsive buying, dan compulsive buying. Kemudian, kami mengulas penjelasan psikologis di balik panic buying  melalui perilaku konsumen, ketakutan dan kecemasan, stres, ketidakpastian, dan paparan media. Pada bagian terakhir, kami mengajukan beberapa solusi yang dapat dijadikan panduan kebijakan untuk mengatasi panic buying saat wabah pandemik terjadi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Shadiqi, M. A., Hariati, R., Hasan, K. F. A., I’anah, N., & Al Istiqomah, W. (2020). Panic buying pada pandemi COVID-19: Telaah literatur dari perspektif psikologi. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 131-141. https://doi.org/10.7454/jps.2021.15
Section
Invited Paper-Response to COVID-19 Guest Editor:R. Ardi, IY. Kiling, SI. Savitri