Catatan Managing Editor JPS: Milan kundera, ayah, karyawan senior pada masa pandemi

Main Article Content

Muhammad Akhyar

Abstract

Sebagai dosen dan juga penguji skripsi di program studi sarjana psikologi, setahun terakhir ini saya sering mendengar kritik dari kolega sesama dosen tentang topik skripsi mahasiswa selama pandemi cum Pembelajaran Jarak Jauh. Teman-teman dosen melihat, banyak mahasiswa psikologi menganggap topik penelitiannya menjadi terasa urgen, bahkan lebih jauh menawar-kan suatu novelty hanya karena meletakkan frase “pada masa pandemi COVID-19” di akhir judul skripsinya. Kritik ini saya kira sebagian besar benar belaka, tetapi saya juga punya semacam pledoi bukan kawan-kawan maha-siswa tingkat akhir ini. Dengan sedikit ketekunan dalam melakukan studi literatur dan menemukan state of the art dari fenomena atau variabel yang diteliti tersebut sebelum pandemi terjadi dan menemukan research gap sesuai fakta atau fenomena yang ditangkap selama pandemi, studi-studi dengan embel-embel “pada masa pandemi” ini akan terasa relevan dan layak dibaca. Lebih jauh mengutip Milan Kundera dari bukunya The Book of Laughter and Forgetting,The struggle of man against power is the struggle of memory against forgetting”. Marilah kita merayakan riset bercap “Era Pandemi” ini sebagai ikhtiar melawan lupa, bahwa catatan akademik ini bisa digunakan kelak jika manusia harus menghadapi mala yang mirip.


Semangat ini pulalah yang mendorong redaksi memuat tiga riset bertema “COVID-19” dalam terbitan volume 20 nomor 2 ini. Di luar topik pandemi, tiga dari tujuh artikel juga merupakan riset terkait pengembangan alat ukur. Satu pertanda bahwa di masa depan redaksi sangat berharap semakin banyak riset-riset pengembangan alat ukur yang kredibel dan kreatif di sains perilaku terutama dalam ranah Psikologi Sosial. Dua naskah lain yang terbit di edisi kali ini mengupas topik yang cukup menarik: pada ayah yang memiliki anak dengan spektrum autism dan pembelajaran informal pada karyawan senior.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Akhyar, M. (2022). Catatan Managing Editor JPS: Milan kundera, ayah, karyawan senior pada masa pandemi. Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), i-ii. https://doi.org/10.7454/jps.2022.10
Section
From Editorial Board