Catatan Managing Editor JPS Pengantar Vol. 19 (3) tentang Psikologi Politik dan Perubahan Sosial

Main Article Content

Muhammad Akhyar

Abstract

“Dunia politik dunia bintang


Dunia pesta pora para binatang, asik gak asik”


(Iwan Fals, 2004)


 


Lagu “Asik Gak Asik” lamat-lamat terdengar di kepala saya saat membaca empat artikel bertema Psikologi Politik dalam edisi kali ini. Reduksionisme sarkastik Iwan Fals tentang dunia politik dengan fokus pada tabiat aktor politik, tentu tak begitu salah. Semangat ini mirip seperti di masa-masa awal Psikologi Politik mulai berkembang di tahun 1920-an, kajian di bidang ini juga lebih berfokus pada kepribadian dan motivasi dari pemimpin dan politisi dengan pendekatan psikoanalisis (Cottam, dkk., 2016). Seiring waktu, Psikologi Politik mulai membahas fenomena psikologis ke area politik yang lebih luas, termasuk di dalamnya tentang partisipasi publik dalam politik hingga kekerasan yang didorong oleh ideologi tertentu.


Selain empat artikel tersebut, volume 19 edisi ketiga dari Jurnal Psikologi Sosial di tahun 2021 ini juga memuat tiga naskah lain dengan topik yang tak kalah menarik yaitu stereotipe terhadap orang dengan difabilitas mental, motivasi relawan, dan pengambilan keputusan pada remaja yang terlibat prostitusi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Akhyar, M. (2021). Catatan Managing Editor JPS Pengantar Vol. 19 (3) tentang Psikologi Politik dan Perubahan Sosial. Jurnal Psikologi Sosial, 19(3), 153-154. https://doi.org/10.7454/jps.2021.17
Section
Articles