Catatan Editor: Mengkaji perubahan sosial dalam perspektif psikologi sosial

Main Article Content

Bagus Takwin

Abstract

Dunia begitu sering mengalami perubahan sosial, bahkan yang dramatis. Semua masyarakat mengala-minya dan jutaan orang terpengaruhi. “Perubahan—perubahan sosial yang sangat cepat—adalah fakta terpenting kehidupan saat ini”, begitu Nolan dan Lenski (2011, p. xiii) menyatakan. Orang-orang menerima perubahan sebagai hal yang tak terelakkan, terjadi begitu saja, meski tidak benar-benar mengerti. Perubahan sosial menyebar luas, global, di masyarakat manapun, dan apapun kondisinya. Studi mengenai perubahan sosial dalam bidang psikologi tergolong sedikit. Hingga kini, belum ada penjelasan mengenai hubungan antara proses "makro" perubahan sosial dan proses "mikro" dari dampak psikologisnya. Belum ada yang menjembatani kedua hal tersebut. Diperlukan kajian yang berfokus pada konseptualisasi perubahan sosial yang mencakup proses makro dan mikro untuk memahami adaptasi individu terhadap perubahan sosial. 


Studi tentang perubahan sosial menjadi tantangan bagi psikolog sosial di Indonesia. Berbagai perubahan sosial banyak terjadi di Indonesia, dan berbagai perubahan ini memberikan dampak yang signifikan pada masyarakat. Salah satunya ialah pandemi COVID-19 yang telah menghasilkan perubahan sosial yang berdampak masif dan dramatis pada masyarakat. Barangkali ini bisa jadi panggilan bagi para psikolog sosial Indonesia untuk meneliti dan menghasilkan kontribusi yang bisa mengatasi masalah perubahan sosial. Lebih jauh lagi, diharapkan nantinya para ahli psikologi sosial dapat menerapkan hasil studi mereka pada kebijakan dan tindakan politik yang terkait dengan dampak perubahan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Takwin, B. (2021). Catatan Editor: Mengkaji perubahan sosial dalam perspektif psikologi sosial. Jurnal Psikologi Sosial, 19(3), 155-157. https://doi.org/10.7454/jps.2021.18
Section
Articles