Kalkulasi Vote Buying-Short Form (VB-S) dalam pemilihan umum

Main Article Content

Muhammad Arief Sumantri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan satu alat ukur guna menakar persepsi maupun sikap dari para wajib pilih terhadap penerimaan praktik vote buying, yang diharapkan dapat dimanfaatkan secara praktis, ataupun dikembangkan lebih jauh oleh pihak-pihak terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan partisipan sebanyak 348 mahasiswa, dengan menyebarkan skala yang telah disusun dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis menggunakan uji Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil seleksi aitem EFA dan CFA menghasilkan 7 butir aitem yang valid secara konstruk dan juga reliabel (α= 0.838) untuk mengukur persepsi/sikap pemilih terhadap penerimaan praktik vote buying. Hasil dari uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Vote Buying secara signifikan berpengaruh terhadap kepercayaan politik. Mempertimbangkan bahwa aitem-aitem yang dihasilkan secara keseluruhan berjumlah 7 aitem (4 aitem favorable, 2 aitem unfavorable), dan bersifat unidimensional; maka peneliti memutuskan penamaan skala vote buying dengan sebutan VB-S (Vote Buying-Short Form).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sumantri, M. (2021). Kalkulasi Vote Buying-Short Form (VB-S) dalam pemilihan umum. Jurnal Psikologi Sosial, 19(3), 230-240. https://doi.org/10.7454/jps.2021.25
Section
Articles